Minggu, 07 Oktober 2012

Waktu Waktu Yang Mustajab Untuk Berdo'a


Waktu Waktu Yang Mustajab Untuk Berdo'a

Untuk mengetahui waktu-waktu yang mustajab untuk berdo’a, maka sebaiknya disini kan saya paparkan pula waktu-waktu tersebut. Karena dengan waktu-waktu tersebut akan bisa memudahkan pengabulan do’a kita kepada Allah SWT.
Adapun waktu-waktu yang mustajab untuk berdo’a itu adalah sebagai berikut :


1.       Ketika Waktu Adzan.
2.       Ketika bertempur di jalan Allah SWT.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh imam bukhari dalam Al-Adab, yang bersumber dari Shal bin Sa’ad r.a . Secara marfu’ ia berkata :
“ Dua saat dimana pintu-pintu langit dibuka, jarang ornag-orang berdoa’a ditollak  do’a nya, yaitu : ketika terdengar adzan dan ketika bertempur dijalan Allah “.
3.       Pada waktu adzan dan iqamah
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam abu daud, Turmudzi dan Al Hakim yang bersumber dari Anas r.a . bahwa Rasullah SAW telah bersabda :
“ Do’a itu mustajab di antara aadzan dan iqomah “
4.       Ketika ditimpa musibah atau kesusahan.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Al hakim yang bersumber dari Abu Umamah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“ Apabila malaikat berseru dibukalah langit dan dikabolkan do’a.
Maka siapa yang hendak ditimpa musibah atau kesusahan, hendaklah ia berusaha menjawab juru panggil itu, kemudian mengucapkan : Ya Allah, pemilik panggilan yang sempurna dan benar serta mustajab ini, yang dipenuhi seruannya, seruan kebenaran dan kalimat taqwa, hidupkan kami dan matikan kami di atas itu dan jadikan kami sebagai ahlinya dalam keadaan hidup dan mati  . kemudian ia memohon keperluannya “.
5.       Pada waktu sepertiga malam yang akhir.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Al hakim dan Turmudzi yang bersumber dari Ibnu abbas r.a . bahwa rasulullah SAW bersabda :
“ sesungguhnya ia adalah saat saat yang disaksikan malaikat dan do’a saat itu di ijabah “.
Dan juga sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al Bazzaar dan Thabrani dengan sanad shahih yang bersumber dari Ibnu Umar r.a , ia berkata :
“ seorang lelaki memanggil Rasulullah SAW lalu bertanya : ”malam manakah yang paling terkabul do’anya? “Nabi SAW menjawab : “ Tengah malam yang Akhir “.
6.       Ketika turun hujan
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam thabrani dengan sanad dhoif yang bersumber dari Abu Umamah r.a .bahwa rasulullah SAW bersabda :
  Pintu-pintu langit dibuka dan do’a dikabulkan dalam empat keadaan, yaitu :disaat terjadi pertempuran sengit dijalan Allah, disaat turunn hujan, disaat mendirikan Shalat dan disaat melihat Ka’bah “.
7.       Ketika timbul bayang-bayang diwaktu sore dan ketika angin bertiup.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh  Imam Abu Nu’aim dalam Al Hilyah yang bersumber dari Abdullah bin Aufa r.a . ia berkata, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :
“ Apabila timbul bayang bayang dan angin bertiup, maka mohonlah keperluanmu kepada Allah, karena ia adalah saat orang-orang yang bertaubat “.
8.       Pada waktu hari jum’at
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah r.a .bahwa Rasulullah SAW menyebut hari jum’at, lalu beliau bersabda :
“ Didalamnya terdapat suatu saat yang tidaklah seorang Hamba yang muslim bertepatan dengannya sedang ia Shalat da memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah memberinya “.
9.       Pada waktu malam jum’at.
10.   Pada waktu malam pertama dari bulan rajab.
11.   Pada waktu malam  nisfuu Sy’ban.
12.   Pada waktu salam dari dua hari raya.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ad Dailami yang bersumber dari Abu Umamah r.a . secara marfu’ . bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :
“ lima malam dimana Do’a tidak ditolak ; yaitu malam pertama dari bulan rajab, malam nisfu, malam jum’at, dan dua malam dua hari raya”.
13.   Ketika hari Arafah/ketika wukuf di padang Arafah.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh  Imam Sa’id bin Manshur dalam sunnahnya yang bersumber dari Abd Muthalib bin Abdullah bin hanthab r.a . bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :
“ Termasuk Do’a yang paling utama adalah Do’a dihari Arofah “.
14.   Pada waktu malam lailatul Qadar.
15.   Pada waktu bulan Ramadhan.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani yang bersumber dari Ubaidah bin Shamit r.a . bahwa rasulullah SAW bersabda :
“ Pada suatu hari dibulan Ramadhan; telah datang kepada kalian bulan baroqah, didalamnya turun rahmat dan dihapuskan dosa-dosa sedangkan do’a dikabulkan “.
Diriwayatkan dalam Al Ausath dari Umar bin Khathab r.a . ia berkata : bersabda Rasulullah SAW :
“ Orang yang banyak menyebut nama Allahh dibulan Ramadhan,  diampuni dosanya dan orang yang memohon sesuatu  kepada Allah dibulan itu tidak disia-siakan”.
16.   Pada waktu mengkhatamkan Al-Quran.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam As Syu’ab yang bersumber dari anas r.a . dari Nabi SAW, beliau bersabda :
“ Disaat mengkhatamkan Al-Quran terdapat do’a mustajab “.
Diriwayatkan dari jalan lain dengan lafadz lain : “ Disaat mengkhatamkan Al-Quran terdapat do’a mustajab dan sebatang pohon di Syurga “.
17.   Pada saat setiap selesai mengerjakan Shalat Fardhu.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Abu Bakar bin Abuyadh, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :
 Barang siapa mengerjakan satu shalat fardhu, maka ia mempunyai do’a mustajab “.
18.   Pada waktu ruku’ dan sujud.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bersumber  dari Ibnu Abbas r.a Rasulullah bersabda :
“ Aku dilarang  membaca al-Quran diwaktu ruku’ dan sujud. Adapun ruku’maka agungkan tuhan didalamnya, adapun sujud, maka usahakanbanayk berdo’a diwaktu  itu dan patutlah do’amu dikabulkan “.
19.   Pada saat merasa gemetar.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam ahmad dalam Az Zuhd yang bersumber dari Khalid Al Hadzdza’, ai berkata :
“ Adakah Isa as. Berkata : Apabila kamu merasa gemetar dan menangis, maka berdo’alah pada waktu itu “.
20.   Pada waktu dalam keadaan bersih.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dengan sanad hassan yang bersumber dari Abi Raham Asam’iy. Ia berkata: rasulullah SAW bersabda :
“ sesungguhnya termasuk saat dimana do’a dikabulkan adalah diwaktu bersih “.
21.   Pada waktu dalam suatu majlis/pengajian agama.
Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang bersumber dari Al Wahid bin Muslim dari yazid bin Abi Maryam dari Aba Idris Al Khaulani, ia berkata : “ berkata Mu’adz bin Jabal : “sesungguhnya engkau duduk dengan suatu kaum yang pasti banyak bicara , maka apabila engkau lihat mereka lalai, maka mohonlah kepada Tuhanmu pada waktu itu berbagai keinginan “.
                Berkata Al Walid : Aku berkata kepada Abdurrahman bin Yazid bin Jabir ia berkata :
  Ya, diceritakan kepadaku oleh Abu Thalhah Hakim bin Dinar bahwa mereka berkata : sesungguhnya ia adalah do’a yang mustajab. Mereka berkata : apabila engkau lihat orang banyak lalai, maka mohonlah berbagai keinginan kepada Tuhanmu waktu itu “.
Semoga bermanfaat . Salam Oke Selalu...